IT Service Management (ITSM)

 IT service management atau yang biasa disingkat dengan ITSM adalah sebuah usaha dari tim IT untuk memberikan layanan IT dengan memprioritaskan pelanggan.

Tim IT yang dimaksud biasanya gabungan dari orang-orang yang bertanggung jawab atas desain, penciptaan produk, dan lain-lain.

Dalam bahasa Indonesia, ITSM juga bisa disebut manajemen layanan teknologi informasi.

Layanan IT ini bisa diberikan kepada pelanggan. Akan tetapi, ITSM juga bisa diimplementasikan di dalam perusahaan, lho!

Metode ITSM dapat digunakan dalam layanan pengadaan hardwaresoftware, dan lain-lain.

Dengan memprioritaskan kepada siapa tim IT memberikan layanan, perusahaan tentu akan diuntungkan karena fokus pada customer dan ekspektasi mereka.

ITSM muncul karena sebuah pandangan bahwa teknologi informasi merupakan hal yang sangat berkaitan dengan layanan.

Contoh penerapan ITSM:

  • Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
  • Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
  • Software Maintenance Maturity Model
  • PRM-IT IBM's Process Reference Model for IT
  • Application Services Library (ASL)
  • Business Information Services Library (BISL)
  • Microsoft Operations Framework (MOF)
  • eSourcing Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) dan eSourcing Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc for Sourcing Management.

Beberapa manfaat IT ITSM:

  • Membantu dalam menetapkan harapan dan standar layanan.
  • Membantu dalam mengukur kinerja
  • Membantu untuk melakukan analisis akar masalah masalah berulang.

Komponen proses ITSM:

  • manajemen masalah, untuk melihat akar penyebab suatu masalah
  • manajemen aset, untuk melihat aset IT yang dimiliki perusahaan atau pelanggan
  • manajemen perubahan, memastikan apakah prosedur yang dilakukan sudah efektif dan efisien, atau masih butuh berbagai penyesuaian agar bisa menjadi lebih baik
  • manajemen insiden, untuk menanggapi dan bersiap-siap apabila terjadi suatu masalah IT
  • manajemen finansial, membuat pelayanan yang biayanya seefisien mungkin
  • dan lain-lain

Comments

Popular Posts