MACAM - MACAM KEBUDAYAAN MEXICO


Budaya meksiko itu kaya,penuh warna,dan beragam.dipengaruhi oleh peradaban kuno seperti Aztec dan Maya serta kolonisasi Eropa. Ini budaya yang unik dan mungkin salah satu budaya paling menarik di dunia.
Musik dan tarian banyak ditampilkan dalam budaya  Meksiko. Salah satunya musik mariachi yang berasal dari abad ke-18. Personil band mariachi tradisional terdiri dari 5 personil yang mengenakan setelan ‘charro’. Jika anda belum pernah mendengar “La Cucaracha”(kecoak) sangat disarankan untuk kalian dengarkan jika kalian pergi ke Meksiko,musik ini sering dimainkan oleh band mariachi dimana-mana seperti di jalan atau di restoran.
Tarian rakyat juga umum diseluruh meksiko. Jarabe Tapatio (tarian topi meksiko) adalah salah satu tarian ikonik meksiko untuk merayakan hari jadi pasangan.
Festival dan pesta sangat penting di meksiko dan dirayakan di desa-desa terpencil sekalipun.setiap komunitas memiliki orang suci sendiri yang dihormati dengan perayaan dan prosesi setiap tahunnya. Dari desa yang terpencil hingga pinggiran kota paling canggih di meksiko, dimana-mana menyempatkan satu hari dalam setahun untuk pesta.

Beberapa festival perayaan di meksiko:

Hari kemerdekaan (16 september)
Ini adalah hari libur nasional terpenting meksiko yang merayakan pembebasan meksiko dari kekuasaan spanyol pada tahun 1810. Perayaannya sangat ramai di zocalo diramaikan oleh kembang api,music,dan tarian

Hari kematian (1 & 2 november)
Image result for day of the dead mexico city
Selama festival ini,persembahan dibuat untuk para leluhur. Tempat pemujaannya pun dibangun di rumah-rumah untuk menghormati kerabat yang meninggal dan sering ada acara semalaman di pemakaman. Kios-kios pasar menjual pan de Muertos (roti khas meksiko yang identik di hari kematian) dan gula-gula berbentuk tengkorak berwarna-warni. Di lago de patzucaro ada upacara penerangan obor yang Indah,tarian meriah,dan upacara janitzio sebuah pulau di tengah danau.

 Pesta perempuan Guadalupe (12 desember)
Image result for Feast of Our Lady of Guadalupe
Ini adalah festival keagamaan yang diadakan untuk menghormati Maria, wanita Guadalupe. Umat Katolik melakukan ziarah ke Basilika Guadalupe di Mexico City untuk melihat gambar Maria. Ini mungkin hari libur keagamaan yang paling penting di Meksiko.

Semana santa (minggu suci)
Ini adalah hari libur utama Meksiko, festival yang sangat religius yang merayakan kebangkitan Kristus. Ada ziarah dan prosesi. Pergilah ke Iztapalapa di luar Mexico di mana festival ini berlangsung dalam skala besar dan melibatkan banyak darah palsu! (mohon maaf tidak ada gambarnya 😅)

Guelagutza festival (juli)
Image result for Guelaguetza Festival
Jika Anda berada di Oaxaca pada bulan Juli, Anda mungkin dapat menyaksikan acara budaya asli yang merayakan tradisi dan budaya di wilayah ini. Pakaian tradisional, tarian rakyat, dan makanan lokal adalah bagian dari acara penuh warna ini.

Festival de san cristobal ( 16-25 juli)
Dibulan Juli juga ada festival de San Cristobal, diadakan di San Cristobal de las Casas. Berwarna-warni dan bersemangat, pesta ini menampilkan kembang api, parade, band marimba dan pesta-pesta dan banyak tradisi di wilayah Chiapas.(yang ini jga gaada gambarnya 😢)

Meksiko juga memiliki memiliki budaya dan seni yang unik seperti:

Papel Picado & Pinata

Image result for papel picadoPapel Picado adalah sebutan untuk hiasan berupa gantungan warna-warni yang banyak dipasang di jalan-jalan atau tempat umum di Meksiko. kita bisa menemukan hiasan ini ada di sekitar rumah,  juga di area alun-alun yang ramai. Nah di pasar yang ada di dekat alun-alun, tampak juga beberapa pinata yang digantung.
Biasanya, pinata ini dihias dengan berbagai macam bentuk dan di dalamnya diisi dengan permen, cokelat, atau mainan.
Setelahnya, pinata akan dihancurkan dengan menggunakan pemukul, untuk merayakan sesuatu.
Image result for pinata
















Ofrenda
Image result for ofrenda
Dalam budaya Meksiko, ofrenda merupakan altar yang dipasang di rumah-rumah maupun tempat tertentu di Meksiko, untuk mengenang dan menghormati leluhurnya yang sudah meninggal. Cara mengenangnya adalah dengan memajang foto, barang-barang milik leluhur, sampai makanan kesukaan mereka pada ofrenda.
Menariknya, tingkatan ofrenda juga bermacam-macam, ada yang tiga tingkat, bahkan tujuh tingkat.

Tak cuma terkenal dengan budaya yang unik, Meksiko juga memiliki banyak sekali jenis makanan yang menjadi ciri khas negeri sombrero ini seperti:
Tacos
Image result for tacos
Tacos atau taco adalah makanan khas meksiko yang paling terkenal di dunia saat ini. Makanan ini biasanya terdiri dari roti tortila dan isinya adalah daging sapi, daging babi atau daging ayam, tomat, selada dan keju. Dan makanan ini sering disantap dengan pelengkap saus salsa atau saus guacamole

Burritos

Image result for burritos
burritos ini sekilas mirip dengan kebab. Bedanya adalah kalau burrito hanya berisi daging dan pasta kacang lalu digulung bersama roti tortila.

Nachos
Image result for nachos
Makanan ini cara pengolahannya mirip dengan tachos, yaitu memakai keripik jagung. Untuk pelengkapnya bisa ditambahkan saus keju saja atau menggunakan bahan lainnya seperti daging sapi giling, saus keju, acar jalapeno dan zaitun iris.

sekian blog dari saya semoga bermanfaat untuk teman - teman yang membacaa :))
jangan lupa untuk dilike,comment,dan share ke teman-teman kalian yaaaa!!



Comments

Post a Comment

Popular Posts